Kisah Toei 6000
T O E I 6 0 0 0
Saat Masih Berdinas Di Jepang
18 tahun yang lalu, sebuah era baru di jagat perkeretaapian Jabodetabek dimulai. Kelompok pertama dari 72 unit kereta rel listrik pemberian dari Pemerintah Kota Tokyo kepada PT KA Divisi Jabotabek (Sekarang PT KCI) tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.
Toei 6000 merupakan salah satu armada KRL ( EMU ) tertua yang dimiliki PT. KCJ, rangkaian ini didatangkan dari jepang melalui proses hibah dan didatangkan sebanyak 72 unit. Di awal masa pengoperasiannya KRL ini melayani Pakuan Ekspress, Bekasi Ekspress, dan kelas krl ekspress lainnya. Namun seiring berjalan waktu, KRL ini mulai menurun peformanya, dan tergeser dengan KRL – KRL yang mempunyai peforma jauh lebih baik. Dalam tahun terakhir, KRL ini sering mengalami berbagai permasalahan. Permasalahan yang paling mencolok adalah AC unit ini yang tidak berfungsi dengan baik. Namun, setelah menjalani PA ( Pemeliharaan Akhir ), AC KRL ini kembali seperti semula.
Saat Menjadi Pakuan Express
Dari 72 unit yang datang ini terbagi menjadi 15 rangkaian, yaitu 6121F, 6151F, 6161F, 6171F, 6181F, 6191F, 6201F, 6211F, 6221F, 6231F, 6241F, 6251F, 6261F, 6271F, dan 6281F. Namun, hanya 8 rangkaian saja yang datang secara utuh, sedangkan 7 rangkaian lainnya datang secara tidak utuh, hanya kereta-kereta tengahnya saja. Sedangkan kabin dari 7 rangkaian tersebut ditinggal di Jepang. Oleh karenanya kemudian lahir beberapa rangkaian yang kabin masinisnya memiliki bentuk berbeda-beda, yaitu 6217F, 6227F, serta 6177F.
Seiring waktu, kehandalan KRL Toei juga mulai berkurang. Dari mulai keluhan AC yang panas, sampai gangguan-gangguan operasional yang mengakibatkan KRL tidak dapat melanjutkan perjalanan. Pada akhirnya, pengacakan formasi dilakukan kembali kepada KRL Toei, kali ini dengan menukar kereta-kereta motor yang masih sehat dengan kereta motor yang mulai sakit. Hal ini menyebabkan beberapa rangkaian harus purna tugas lebih cepat.
Dan pada akhirnya, Toei 6181F tidak pernah menampakkan dirinya lagi sejak akhir September 2016 yang lalu. Konon, 6181F akhirnya purna tugas karena suku cadangnya dikorbankan untuk rangkaian lain, dan tentu saja rangkaian lain itu bukan Toei 6000. Kabar tersebut seolah sekaligus mengonfirmasi bahwa Toei 6000 memang sudah pensiun, di tahun ke-16 kedinasannya di Indonesia. Sehingga dengan demikian, Toei 6000 yang masih beroperasi hanya dapat ditemukan di Jepang, yaitu di Chichibu Railway dan di Kumamoto Railway.
Dan Sekarang Para Pelopor KRL Sudah Di Letakkan Di Atas Rumput Dipo Depok.
Terima Kasih TOEI 6000 Atas Pengabdian Mu!
Selamat Beristirahat Dengan Tenang..
Good
BalasHapus